Fakta-fakta baru, tips bermanfaat, dan info asyik untuk menambah pengetahuanmu

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Remaja Wajib Tahu! 5 Cara Wanita Mandiri Finansial Lebih Awal

Membesarkan anak butuh biaya banyak. Konsumsi, pendidikan, kesehatan, transportasi, dan lain-lainnya. Bahkan tidak jarang jika orangtua masih membayar beberapa tagihan meski anaknya sudah dewasa dan bekerja.

Yah, meski semua memang tergantung pada kebutuhan dan gaya hidup, sebagai wanita, kamu juga mesti belajar agar bisa mandiri secara finansial lebih awal. Meskipun tidak sepenuhnya menghapus ketergantungan pada orangtua, kamu bisa mulai belajar agar lebih siap saat harus memenuhi kewajiban sendiri.

Nah, jika kamu ingin berhenti mengandalkan orangtua untuk membiayai masalah-masalah keuangan, maka kamu bisa melakukan 5 strategi berikut sedari awal.

5 Cara Wanita Mandiri Finansial Lebih Awal
Wanita Mandiri Finansial  cr: Unsplash.com/ Artem Beliaikin

Bekerja paruh waktu

Jika kamu punya waktu luang di luar jam sekolah, maka mencari pekerjaan paruh waktu adalah jawaban yang tepat. Ada beberapa tempat yang membuka lowongan bagi para part timer, seperti restoran maupun toko-toko khusus.

Kamu bisa menyesuaikan pekerjaan yang ingin kamu lakukan sesuai hobi maupun minat. Meski hasilnya tidak mencukupi kebutuhan, setidaknya kamu memanfaatkan waktu dengan baik ketimbang hanya nongkrong tidak jelas.

Baca juga: Lakukan 7 Tips Sederhana Ini untuk Mencegah Kanker Prostat

Belajar sebuah keahlian khusus sejak dini

Jika bekerja paruh waktu saat bersekolah tidak menghasilkan banyak uang, maka kamu bisa beralih dengan belajar keahlian khusus sedari awal. Ada banyak keahlian yang menawarkan karier jangka panjang dengan bayaran tinggi, misalnya menjadi montir, perancang perangkat lunak atau aplikasi, video editor, penulis, maupun fotografer.

Agar wanita mandiri finansial lebih awal, kamu bisa memilih bidang yang cocok dengan minat dan bakat. Bagusnya lagi, bergerak di bidang yang kamu sukai akan membuatmu belajar dengan lebih cepat. Selain itu, tidak semua keterampilan membutuhkan biaya untuk dipelajari. Misalnya untuk edit video, kamu bisa mendapatkan pengetahuan secara cuma-cuma lewat internet.

Jika sudah mahir, kamu mulai bisa mencari pekerjaan di situs-situs freelance yang tersebar di internet.

Cari kesempatan bisnis yang fleksibel dan sesuai dengan aktivitas kamu

Cara lain untuk mendapatkan pemasukan adalah dengan mencari celah bisnis di sela-sela aktivitas. Jika kamu kuliah, cobalah cari celah yang bisa kamu kerjakan di luar kelas atau saat ada waktu lowong.

Misalnya, kamu bisa bergabung menjadi ojek online, loper koran, ataupun sebagai pengirim makanan. Atau, jika kamu memiliki keahlian menulis atau mengedit, kamu bisa menerima pengerjaan maupun editing skripsi dan tugas.

Intinya, carilah celah bisnis yang menurut kamu sesuai dengan kemampuan dan juga tidak menganggu aktivitas.

Belajar memasak

5 Cara Wanita Mandiri Finansial Lebih Awal
5 Cara Wanita Mandiri Finansial Lebih Awal cr: Unsplash.com/ Jason Briscoe

Bisnis makanan merupakan bisnis menguntungkan dan tidak ada matinya. Industri ini menyediakan banyak sekali kesempatan karena selain makanan merupakan kebutuhan pokok, kebanyakan orang juga suka mencoba berjenis-jenis masakan meskipun bisa masak sendiri.

Namun, sebelum memutuskan untuk mencari celah bisnis di bidang makanan, memasak layak untuk dipelajari karena bisa membuatmu berhemat. Kamu bisa mengatur sendiri anggaran makan dengan memilih bahan makanan yang lebih terjangkau. Untuk variasi rasa agar tidak bosan, kamu juga bisa menemukan resep-resep di berbagai aplikasi memasak yang banyak tersedia di smart phone kamu.

Selain untuk kebutuhan pribadi, kamu bisa mulai meluaskan tujuan dengan berbisnis. Banyak wanita mandiri finansial lebih awal dengan menekuni bisnis masakan.

Belajar untuk menekan pengeluaran agar tidak melebihi pemasukan

Kembali ke dasar, cara terbaik bagi Millennials untuk mandiri secara finansial adalah dengan memastikan pengeluaran tidak melebihi pemasukan. Kamu harus bisa mengatur kebutuhan-kebutuhan yang harus didahulukan. Fokuslah untuk menghemat pada pengeluaran terbesar bulanan, seperti tempat tinggal, transportasi, makanan, ataupun kebutuhan bersosialisasi.

Jika kamu tidak tinggal dengan orangtua, pastikan kamu mencari tempat tinggal yang dekat dengan kampus.  Jarak dekat akan membuat kamu menyimpan lebih banyak uang karena tidak perlu transportasi khusus. Memasak sendiri juga lebih hemat sehingga kamu tidak perlu jajan di luar lagi.
Tetapi jika kamu tinggal bersama orangtua, cobalah untuk memaksimalkannya dengan cara menabung sebanyak yang kamu bisa. Intinya, belajar untuk mengatur keuangan agar tidak minus merupakan cara dasar agar bisa mandiri secara finansial sedini mungkin.

Nah, itulah beberapa cara yang bisa dilakukan agar sebagai wanita bisa mandiri finansial lebih awal. Selain untuk kepercayaan diri, kamu juga bisa mengurangi ketergantungan finansial terhadap orangtua. Semoga bermanfaat.

Baca juga: 7 Wisata Kota Mati Dunia Ini Wajib Dikunjungi Sebelum Hancur

Post Top Ad

Your Ad Spot