Fakta-fakta baru, tips bermanfaat, dan info asyik untuk menambah pengetahuanmu

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

6 Tips Cegah Iritasi Kulit Karena Masker Wajah

Pemakaian masker yang salah bisa membuat wajah iritasi. Bukan hanya karena jangka waktu pemakaiannya, bahan yang digunakan dalam membuat masker juga bisa memicu iritasi. Belum lagi gesekan dan hawa panas yang terjebak di sekitar mulut serta hidung yang bisa memicu adanya jerawat.

Aduh, kok ribet banget ya rasanya?

Tenang, meski berpotensi menimbulkan masalah kulit, pemakaian masker itu wajib jika kamu hendak bepergian. Kamu hanya perlu melakukan tips khusus berikut untuk cegah iritasi kulit karena masker wajah. Apa saja? Yuk, simak artikel berikut ini.

Cegah Iritasi Kulit Karena Masker Wajah
Tips Cegah Iritasi Kulit Karena Masker Wajah
 

1. Perhatikan kain yang menjadi bahan masker

Hal pertama yang harus kamu lakukan untuk menghindari iritasi karena masker wajah adalah memilih bahan kain yang tepat. Jangan gunakan kain dari bahan sintetis, pilihlah kain yang lembut dan alami seperti kapas. Kain yang memungkinkanmu bernapas lebih baik akan membantu menyaring udara dengan lebih baik. Selain itu, gunakan penyaring lain ataupun pelapis kapas yang dijahit erat agar kamu tetap terlindungi.

Baca juga: Lakukan 7 Tips Sederhana Ini untuk Mencegah Kanker Prostat 


2. Hindarkan pemakaian make up

Jika memungkinkan, jangan gunakan make up saat mengenakan masker. Selain bisa membuat kulit bernapas dengan lebih baik di balik masker, no make up juga menghindari gesekkan antar riasan dan masker sehingga mencegah iritasi kulit.

Riasan bisa menyebabkan penyumbatan minyak dan pori-pori yang pada akhirnya malah memicu munculnya jerawat. Selain itu, masker juga akan membuat make up tidak terlihat. Jadi ketimbang mubazir, untuk sementara hindarkan pemakaian riasan, terutama alas bedak dan concelear yang berat. Kamu bisa fokus saja pada eye shadow.


3. Bersihkan wajah sesegera mungkin setelah mengenakan masker

Selain kelembapan yang meningkat, tekanan akibat masker juga bisa menyebabkan penyumbatan pori-poro dan minyak. Hal inilah yang memicu munculnya jerawat. Membersihkan wajah secepat mungkin setelah menggunakan masker bagus untuk membersihkan pori sekaligus minyak di wajah.


4. Gunakan pelembab ringan

Penggunaan pelembab ringan dianjurkan setelah pembersihan, bahkan pada kulit yang cenderung berminyak sekalipun. Hal ini penting agar kulit yang sedari terkena tekanan, terhidrasi dengan baik sehingga bisa lebih sehat sehingga terhindar dari iritasi kulit karena masker wajah.


5. Hindari penggunaan scrub dan pembersih kuat

Cegah Iritasi Kulit Karena Masker Wajah
Cegah Iritasi Kulit Karena Masker Wajah

Untuk jaga-jaga, simpan scrub dan pembersih yang mengandung bahan kuat untuk sementara waktu. Bahan aktif di dalamnya bisa menganggu lapisan kulit luar sehingga menyebabkan kekeringan dan peradangan. Nah, hal ini lebih berisiko dan bisa membuat kulitmu teriritasi saat mengenakan masker, terutama dalam jangka waktu lama.


6. Jika iritasi, tutupi kulit dengan salep pelindung sebelum tidur

Jika pemakaian masker telanjur membuat kulitmu iritasi, maka rawatlah baik-baik. Salah satu caranya adalah dengan menggunakan salep penghalang atau petroleum jelly dengan zinc oxide atau dimethicone sebelum tidur untuk perlindungan ekstra setelah pelembab.

Selain itu, kamu juga bisa menggunakan salep ini sebelum mengenakan masker untuk mengurangi abrasi.

Nah, itulah beberapa tips cegah iritasi kulit karena masker wajah. Selamat mencoba dan semoga tubuh serta kulitmu tetap sehat selama pandemi berlangsung.

Baca juga: 7 Makanan Ini Memiliki Fakta Unik yang Belum Kamu Tahu

Post Top Ad

Your Ad Spot