Fakta-fakta baru, tips bermanfaat, dan info asyik untuk menambah pengetahuanmu

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

8 Tips Aman Belanja Online Dengan Internet Banking

Perkembangan teknologi berpengaruh pada semua bidang, termasuk perbankan. Jika dahulu kamu harus ke bank untuk mengecek saldo tabungan, sekarang semua transaksi bisa dilakukan secara online lewat internet banking dari ponsel.

Akan tetapi, kemajuan tersebut tentu juga diikuti dengan resiko. Tidak jarang kita membaca berita tentang kasus pembobolan internet banking ataupun  kartu kredit, yang semuanya berawal dari sistem online yang diterapkan.

Nah, untuk kamu yang ingin memastikan uangmu aman dan terhindar dari hal-hal yang tidak diinginkan, berikut beberapa tips aman belanja online dengan internet banking.


1. Jangan gunakan kata sandi yang sama untuk banyak akun

Tips mengamankan rekening saat transaksi via online banking


Tips tips aman belanja online dengan internet banking yang pertama adalah berhati-hatilah dengan kata sandi. Sangat mudah untuk log in ke berbagai akun dengan menggunakan kata sandi yang sama. Tetapi hati-hati, menggunakan kata sandi yang sama untuk setiap akun sama saja dengan memperbesar resiko pembobolan internet banking. Jika seseorang mendapatkan akses ke profil IG kamu, maka akun-akun kamu yang lain, termasuk perbankan online, juga amat mungkin untuk disusupi.

Hal yang sama juga berlaku pada kata sandi yang mudah untuk ditebak. Kebanyakan orang tidak memiliki kemampuan menghapal dan mengingat yang baik sehingga menggunakan tanggal lahir sebagai kata kunci. Yah, tanggal lahir memang mudah diingat, tetapi jika kamu terbiasa berbagi informasi semacam ini secara online, maka orang lain sangat mungkin untuk menebaknya. Akibatnya, akun bankmu akan sangat mudah untuk diretas.

Baca juga: Remaja Wajib Tahu! 5 Cara Wanita Mandiri Finansial Lebih Awal


2. Pilih kata sandi yang kuat dan juga unik

Tips mengamankan rekening saat transaksi via online banking

Selain menggunakan kata sandi berbeda untuk setiap akun, kamu juga perlu membuat kata sandi yang kuat dan unik. Pilihlah kombinasi kata sandi yang berisikan angka, hurup besar dan kecil, karakter khusus, serta buatlah dengan lebih panjang. Hindari penggunaan urutan angka umum seperti 1234 dan informasi pribadi. Selain itu, ubah kata sandi setiap tiga hingga enam bulan sekali.


3. Jika memungkinkan, aktifkan otentikasi dua faktor

Tips mengamankan rekening saat transaksi via online banking

Sekilas memang terasa ribet, tetapi otentikasi dua faktor atau multi faktor bisa membantu kamu meningkatkan keamanan saat bertransaksi secara online. Sistem seperti ini memungkinkan kamu menambah verifikasi  agar bisa mengakses rekening saat transaksi online.

Periksa dengan bank kamu memiliki opsi ini. Jika iya, kamu mungkin memerlukannya untuk menambah keamanan akun rekeningmu selama transaksi online dan menghindari kasus pembobolan internet banking.


4. Hindari penggunaan log in otomatis

Tips mengamankan rekening saat transaksi via online banking 

Tips aman belanja online dengan internet banking selanjutnya adalah dengan meniadakan fitur log in otomatis. Dengan log in otomatis, browser akan menyimpan nama pengguna dan kata sandi, yang memungkinkan akses secara cepat menuju rekening. Akan tetapi, meskipun nyaman dan praktis, tetapi itu bukanlah hal paling aman untuk dilakukan.

Kamu sebaiknya menghindari fitur yang satu ini, terutama jika melakukan online banking menggunakan ponsel. Ponsel merupakan benda yang dengan mudah bisa berpindah tangan dan resiko keamanan rekening akan terancam jika gawaimu hilang.

Untuk itu, pastikan untuk menonaktifkan fitur ini di ponsel dan di komputermu dengan segera, ya!


5. Akses akun dari lokasi yang aman


Tips mengamankan rekening saat transaksi via online banking


Kunci utama dari tips yang satu ini adalah gunakan jaringan yang aman. Hindarkan menggunakan Wi-Fi umum karena mengandung berbagai resiko, seperti transmisi data melalui jaringan yang tidak dienkripsi, hotspot yang berbahaya, serta adanya malware dan spyware.

Tetapi jika kamu perlu mengakses rekening secara online dari lokasi terpencil, kamu bisa mengatur VPN (Virtual Private Network) sehingga bisa membuat koneksi terenkripsi ke jaringan rumah atau kantor dan mengakses bank dari sana.

Jika kamu terpaksa harus menggunakan internet di tempat umum untuk mengakses perbankan online, maka ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk menjaga keamanan. Kamu harus menonaktifkan fitur berbagai file publik dan pastikan akses dengan situs yang sudah dienkripsi.

Cara mudah untuk memeriksa enkripsi adalah dengan mencari "https" di URL situs, yang juga memicu ikon kunci di sebelah kiri URL di browser. Selain itu, firewall laptop atau perangkat seluler juga bisa secara otomatis menandai situs yang dianggap tidak aman, jadi pastikan laptop dan perangkat selulermu untuk selalu update.

Baca juga: 7 Wisata Kota Mati Dunia Ini Wajib Dikunjungi Sebelum Hancur


6. Pilih dengan bijak saat mengunduh aplikasi finansial


Tips mengamankan rekening saat transaksi via online banking


Sekarang ini ada banyak sekali aplikasi keuangan, termasuk aplikasi mobile banking yang bisa kamu pasang di ponsel. Aplikasi-aplikasi ini memang bermanfaat karena bisa membantu kamu mulai dari melakukan perbankan hingga membayar tagihan. Akan tetapi, tidak semuanya memiliki keamanan yang sama.

Jika kamu hendak mengunduh aplikasi yang seperti ini, langkah pertama adalah memastikan kamu hanya menggunakan aplikasi resmi dari bank. Setelah itu, hati-hatilah dengan aplikasi lain yang meminta akses untuk detail  online banking dan juga seluler kamu.

Untuk itu, sebelum mengunduh aplikasi keuangan dari Playstore ataupun App Store, periksa peringkatnya terlebih dahulu. Kemudian, teliti kebijakan keamanan pengembang aplikasi dan pastikan tidak memiliki sejarah pelanggaran data. Hal ini penting sekali agar kamu tidak tertimpa kasus pembobolan internet banking.


7. Pastikan kamu selalu log out jika sudah selesai bertransaksi

Tips mengamankan rekening saat transaksi via online banking 

 
Yah, yang ini sudah jelas, ya. Kamu harus memastikan akunmu log out setelah selesai bertransaksi, terutama jika menggunakan gawai yang bisa diakses banyak orang. Tindakan ini bisa mengurangi resiko akunmu menjadi korban pembajakan dan eksploitasi skrip lintas situs.
Selain itu, kamu juga bisa melakukan tindakan pencegahan ekstra dengan menghapus cache browser di setiap akhir setiap sesi.


8. Cek saldo rekening secara berkala

Tips mengamankan rekening saat transaksi via online banking

Yang terakhir, salah satu tips untuk menghindair kasus pembobolan internet banking adalah dengan memeriksa saldo secara berkala. Hal ini membantu kamu memantau keamanan rekening dan segera melakukan tindakan jika terjadi masalah pada akun.

Kamu bisa kembali meninjau transaksi sebelumnya dan menyelidiki transaksi yang sekiranya tidak langsung kamu kenali. Hal ini akan memberikan rasa aman dan juga ketenangan, selain juga untuk melacak seberapa banyak uang yang sudah dibelanjakan.

Nah, itulah beberapa tips aman belanja online dengan internet banking. Ingat ya, tetaplah berhati-hati karena banyak sekali kejahatan dunia maya yang mengancam uangmu. Semoga bermanfaat.

Baca juga: Bervokal Unik, 8 Aktor Ini Jadi Pengisi Suara Spider Man Kartun

Post Top Ad

Your Ad Spot