Fakta-fakta baru, tips bermanfaat, dan info asyik untuk menambah pengetahuanmu

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

7 Makanan Ini Memiliki Fakta Unik yang Belum Kamu Tahu

Sebelum sampai di meja makan, masing-masing bahan makanan memiliki kisahnya tersendiri. Mulai dari wortel yang konon aslinya berwarna ungu, hingga cokelat putih yang ternyata bukanlah cokelat sungguhan. Fakta-fakta semacam ini tentunya tidak banyak yang tahu. Bagi sebagian orang, makanan hanyalah olahan yang dinilai berdasarkan rasa dan penampilan, bukan kisahnya.

Jika kamu ingin memahami lebih lanjut tentang bahan-bahan pengisi kulkas, mari ikuti ulasan berikut ini!

 1. Tidak ada cokelat pada cokelat putih

Fakta cokelat putih tidak mengandung cokelat

Bingung, nggak?

Intinya, cokelat putih yang ada di pasaran itu bukanlah cokelat. Bahan penyusun utamanya adalah campuran gula, produk susu, vanilla, lesitin, dan cocoa butter. Jadi, sama sekali tidak ada cokelat padat.

2. Jumlah baris biji yang ada pada satu tongkol jagung selalu genap

Pernahkah kamu menghitung jumlah baris  yang ada pada satu tongkol jagung?

Setiap tongkol jagung selalu memiliki jumlah barus yang sama dan itu adalah 16. Tidak percaya? Coba hitung, yuk!


3. Popsicle atau es stik ditemukan oleh seorang anak umur 11 tahun secara tidak sengaja


Penemu es stik popsicle

Meskipun beberapa detail dari kisah asalnya masih menjadi perdebatan, tetapi menurut npr.org, popsicle ternyata ditemukan pada tahun 1905 oleh Frank Epperson secara tidak sengaja. Bocah yang saat itu berusia 11 tahun tersebut meninggalkan campuran bubuk soda manis dan air dalam cangkir di luar rumah selama  semalam. Di pagi harinya, ia memakan campuran yang membeku tersebut dengan menjilatnya dari pengaduk kayu.

Dia menyebut menemuannya tersebut sebagai Epsicle dan mulai menjualnya sebagai camilan musim panas ke tetangganya dan kemudian meluas hingga ke seluruh Neptunus Beach, San Francisco. Ketika dia menua, anak-anaknya mulai menyebut kreasinya tersebut sebagai Pop's Sicle, atau Popsicle.

4. Kentang dapat menyerap dan memantulkan sinyal Wi-fi.

fakta kentang bisa memantulkan sinyal wi-fi

Eh? Yang benar?

Hal ini bukanlah mitos. Tahun 2012, Boeing ingin menguji sinyal nirkabelnya di pesawat baru dengan mereka menempatkan tumpukan kentang raksasa di kursi. Karena kandungan airnya yang tinggi dan susunan kimiawi, kentang ternyata menyerap dan memantulkan sinyal radio dan nirkabel seperti halnya pada manusia.

5. Pewarna makanan merah yang digunakan dalam makanan terbuat dari kumbang rebus.


pewarna kuning pada makanan terbuat dari kumbang

Wait, dari kumbang rebus?

Carmine yang juga dikenal sebagai asam karminat merupakan pewarna makanan merah yang umum untuk digunakan pada beberapa jenis makanan seperti cokelat Skittles, junkfood dengan rasa raspberry dan strawberry, yogurt, dan bahkan lipstik.

Nah, asam karminat ini ternyata dibuat dari bangkai kumbang yang dikenal sebagai Dactylopius coccus. Ini adalah serangga berskala kecil dan gemuk yang memakan kaktus pir berduri. Waduh!

6. Secara teknik, pisang adalah buah beri

fakta pisang adalah buah beri

Eh, buah pisang itu beri? Satu golongan dengan stroberi?
Jawabannya adalah iya dan tidak.

Pisang digolongkan sebagai buah beri (bersama dengan mentimun dan kiwi) sementara stroberi,  blackberry, dan raspberry itu tidak.

Dilansir dari Stanford Magazine, dalam arti botani, untuk dianggap beri, buah tersebut harus berasal dari satu bunga dengan satu ovarium dan biasanya memiliki beberapa biji. Pisang masuk kategori tersebut, sementara raspberry, stroberi, dan blackberry tidak masuk hitungan karena berasal dari bunga tunggal dengan lebih dari satu ovarium. Nah, lho. Disuruh buka buku biologi lagi, nih!

7. Awalnya, wortel berwarna ungu

fakta wortel awalnya berwarna ungu

Menurut National Carrot Museum di Inggris, wortel pertama tidak terlihat seperti wortel yang kita makan hari ini.

Awalnya, sayuran ini berwarna ungu atau kuning dengan akar tipis. Wortel oranye yang kita kenal dan makan hari ini sebenarnya adalah hasil dari mutasi genetik pada akhir abad ke-16

8. Cabai itu seperti cinta, bisa membuat kamu berilusi

fakta unik cabai

Sensasi terbakar yang kamu rasakan ketika makan cabai pedas adalah reaksi mental, bukan fisik. Cabai mengandung bahan kimia yang dikenal sebagai capsaicin, yang secara alami mengikat reseptor rasa sakit pada saraf.

Otak akan berpikir bahwa kamu sedang menelan sesuatu yang panas, sehingga membuat berkeringat dan wajah memerah. Sebenarnya, ini adalah cara tubuh untuk mencoba untuk mendinginkan tubuh meskipun tidak ada ancaman suhu yang nyata nyata.

Nah, itulah beberapa fakta unik dan menarik tentang makanan. Semoga bermanfaat dan bisa menambah pengetahuan.

Post Top Ad

Your Ad Spot