Fakta-fakta baru, tips bermanfaat, dan info asyik untuk menambah pengetahuanmu

Breaking

Post Top Ad

Your Ad Spot

Lakukan 7 Tips Sederhana Ini untuk Mencegah Kanker Prostat

Kanker prostat merupakan salah satu penyakit yang mengintai kaum laki-laki. Parahnya, penyakit ini termasuk dalam empat besar penyakit kanker yang banyak diderita orang-orang di Indonesia. Tidak jarang penyakit ini menyebabkan kematian, seperti yang dialami penulis Arswendo Atmowiloto bulan Juli 2019 lalu.

Nah, jika kamu tidak ingin terkena penyakit ini, kamu harus mulai menjaga kesehatan sejak muda. Untuk kamu yang ingin tetap sehat dan terhindar dari kanker prostat, berikut 7 tips yang bisa kamu lakukan.

1. Tomat dan Makanan Berwarna Merah Lainnya Adalah Berkah

7 Tips Sederhana Ini untuk Mencegah Kanker Prostat
Pixabay/Daria-Yakovleva
Semakin berwarna buah dan sayuran itu, maka semakin banyak kandungan vitamin dan mineral yang ada di dalamnya. Khusus untuk mencegah penyakit prostat, kamu bisa mengandalkan tomat, semangka, dan makanan warna merah lainnya.

Beberapa penelitian sudah membuktikan kalau kandungan antioksidan bernama likopen yang ada di dalam tomat mampu menurunkan resiko kamu terkena kanker prostat.

2. Matikan dan Buang Rokokmu!

7 Tips Sederhana Ini untuk Mencegah Kanker Prostat
Pixabay/HansMartinPaul

Sudah jadi pengetahuan umum kalau merokok menyebabkan banyak macam penyakit, salah satunya adalah kanker prostat. Bahkan, merokok juga bisa menyebabkan kekambuhan pada pasien yang sudah melakukan pengobatan, lho. Jadi sebelum terlambat, matikan rokok kamu ya!

3. Jangan Malas Olahraga

Tahukah kamu kalau obesitas pada laki-laki juga bisa memicu peningkatan resiko terkena kanker prostat? Nah, mulai sekarang, lakukanlah olahraga secara teratur untuk mengontrol berat badan kamu. Tidak perlu yang berat-berat, jogging atau bersepeda saja cukup kok.

4. Perbanyak Asupan Buah dan Sayur

Tomat adalah raja, tetapi bukan berarti buah dan sayur lain tidak bermanfaat lho untuk mencegah kanker prostat. Senyawa yang terkandung dalam banyak buah dan sayur akan mampu membantu tubuh kamu untuk memecah zat penyebab kanker yang disebut karsinogen.

5. Bagaimana dengan Kopi?

Ini berita menggembirakan untuk para penggemar kopi. Berdasarkan beberapa penelitian, setiap tiga cangkir kopi yang kamu minum ternyata mampu mengurangi resiko kanker prostat sebanyak 11 %. Wow!

Tetapi mengingat efek lain kafein, tentu kamu tidak bisa meneguk kopi seenaknya ya.

6. Jangan Sampai Salah Memilih Lemak

Lemak hewani yang ditemukan pada keju atau mentega, ternyata bisa meningkatkan resiko penyakit kanker lho. Jadi, bila memungkinkan, gantilah asupan lemak kamu dengan lemak nabati seperti minyak zaitun misalnya.

7. Tidak Suka Kopi, Kamu Bisa Menggantinya dengan Teh Hijau

 7 Tips Sederhana Ini untuk Mencegah Kanker Prostat
Pixabay/appledeng

Bukan rahasia umum lagi kalau kandungan isoflavon dalam teh hijau memiliki manfaat super untuk memerangi sel kanker. Jadi, pastikan kamu sempat mengonsumsi minuman ini ya.

Selain teh hijau, izoflavon juga bisa kamu temukan di makanan berbahan kedelai, buncis, dan kacang-kacangan lain.

Nah, itulah memberi tips yang bisa kamu coba untuk mencegah terkena kanker prostat. Keep healthy ya!

Post Top Ad

Your Ad Spot